Sherly Mayfana Panglipur Yekti
Abstrak: Proses berpikir dalam pemecahan masalah aljabar membutuhkan perhatian
dari guru agar dapat membantu siswa mengembangkan penalaran matematisnya.
Penalaran matematis siswa dalam pemecahan masalah aljabar dapat dilihat dari
beberapa dimensi, salah satunya adalah gaya kognitif. Penelitian ini bertujuan
mendeskripsikan penalaran matematis siswa kelas VII dengan gaya kognitif Field
Dependent dan Field Independent dalam pemecahan masalah matematika materi
aljabar.
Jenis penelitan ini adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Gaya kognitif dari
siswa kelas VII akan ditentukan menggunakan tes gaya kognitif Group Embedded
Figures Test (GEFT). Selanjutnya pada masing-masing gaya kognitif diambil siswa
dengan skor tinggi, sedang, dan rendah sebagai subjek penelitian. Subjek pada
penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian
ini yaitu peneliti sebagai instrumen utama, tes tertulis dan pedoman wawancara
sebagai instrumen bantu. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara
berbasis tugas. Validitas data yang digunakan yaitu triangulasi waktu, dimana
kredibilitas data diperiksa dengan memberikan tugas pada waktu yang berbeda.
Teknik analisis data dilakukan dengan cara: (1) mengelompokkan data dalam empat
langkah pemecahan masalah Polya, (2) menyajikan data dalam bentuk teks naratif,
dan (3) menyimpulkan penalaran matematis siswa pada tiap-tiap langkah pemecahan
masalah Polya.
Kata kunci : penalaran, masalah matematika, field dependent-independent
<iframe src="https://drive.google.com/file/d/0B4MEJonWfWi-NE9IX3VBMUlsa2c/preview" width="640" height="480"></iframe>
HomeUnlabelled
PROFIL PENALARAN SISWA DENGAN GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT-INDEPENDENT DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI ALJABAR
Selasa, 25 Juli 2017
PROFIL PENALARAN SISWA DENGAN GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT-INDEPENDENT DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI ALJABAR
Share this
Recommended
Disqus Comments