Erdyna Dwi Etika
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk menemukan kesalahan mahasiswa Prodi
Pendidikan Matematika STKIP PGRI Nganjuk dalam menyelesaikan soal teori graf ditinjau
dari perbedaan gender, (2) Untuk mengetahui penyebab kesalahan mahasiswa Prodi
Pendidikan Matematika STKIP PGRI Nganjuk dalam menyelesaikan soal teori graf ditinjau
dari perbedaan gender. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian
ini diambil dengan menggunakan purpossive sampling. Subjek penelitian dipilih dari
mahasiswa semester VI Prodi Matematika STKIP PGRI Nganjuk. Pengumpulan data
dilakukan oleh peneliti sendiri sebagai instrumen utama dan instrumen bantu berupa soal
teori graf dan pedoman wawancara. Hasil penelitian : (1) kesalahan yang ditemukan pada
mahasiswa Prodi Matematika STKIP PGRI Nganjuk: (a) mahasiswa perempuan dengan
kognitif tinggi melakukan kesalahan operasi mahasiswa perempuan dengan kognitif rendah
melakukan kesalahan konsep dan prinsip; (b) mahasiswa laki-laki dengan kognitif tinggi
melakukan kesalahan konsep dan operasi,dan mahasiswa laki-laki dengan kognitif rendah
melakukan kesalahan konsep dan prinsip. (2) Penyebab kesalahan pada mahasiswa Prodi
Matematika STKIP PGRI Nganjuk perempuan dan laki-laki dengan kognitif tinggi dan
sedang adalah kurang memahami secara menyeluruh definisi dan teorema-teorema yang ada
dalam teori graf dan tidak mampu mengaplikasikan teorema ke dalam soal.
Kata kunci: Kesalahan, Teori Graf, Gender
HomeUnlabelled
PROFIL KESALAHAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP PGRI NGANJUK DALAM MENYELESAIKAN SOAL TEORI GRAF DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER
Selasa, 25 Juli 2017
PROFIL KESALAHAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP PGRI NGANJUK DALAM MENYELESAIKAN SOAL TEORI GRAF DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER
Share this
Recommended
Disqus Comments