Yulia Dewi Puspitasari
Abstrak
Penelitian bertujuanmengembangkan modul IPA berbasis inkuiri, mengetahui
kelayakan modul IPA berbasis inkuiri, danmeningkatkan keterampilan berpikir
kritis mahasiswa setelah mengikuti proses pembelajaran menggunakan modul IPA
berbasis inkuiri pada materi fotosintesis.Metode penelitian yang digunakan
merupakan Research and Development (R&D).Pengumpulan data menggunakan
soal tes dan lembar observasi.Pengembangan modul dilaksanakan mengacu pada
model ADDIE dengan tahapan Analyse, Design, Development, Implementation,
Evaluation yang dikemukakan oleh Russel dan Molenda. Pengembangan modul
dinilai berdasarkan kelayakan isi, penyajian, dan bahasa oleh dosen dan peer
review. Berdasarkan validasi kelayakan isi, penyajian, dan bahasa modul
kemudian direvisi dan diimplementasikan pada mahasiswa semester 1 program
studi pendidikan IPA. Keterampilan berpikir kritis mahasiswa dianalisis dengan
uji parametrik dengan uji t test menggunakan software IBM SPSS Statistic 20.Hasil
penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis mahasiswa setelah
mengikuti proses pembelajaran menggunakan modul IPA berbasis inkuiri pada
materi fotosintesis mengalami peningkatan. Dari lima aspek keterampilan berpikir
kritis, aspek memberi penjelasan sederhana (elementary clarification) mengalami
peningkatan yang tinggi diikuti membangun keterampilan dasar (basic support),
menyimpulkan (interference), memberikan penjelasan lebih lanjut (advanced
clarification), dan mengatur strategi & taktik (strategy & tactics).
Kata Kunci: Modul IPA, Pembelajaran Inkuiri, Keterampilan Berpikir
Kritis, ADDIE.
HomeUnlabelled
PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA
Selasa, 25 Juli 2017
PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA
Share this
Recommended
Disqus Comments